LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
JAJAK PENDAPAT
    Bagaimana menurut anda tentang Kurikulum 2013 yang akan dicanangkan pada tahun ajaran mendatang?
    Sangat Bagus
    Bagus
    Biasa Saja
    Kurang Bagus
    Jelek

    HASIL POLLING
Mendikbud Ingin Peran Guru Konselor Dimaksimalkan
Ditulis oleh : Fahrizal Muhammad Noor - Bidang :

02 Maret 2017 - 08:24:52 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menginginkan agar peran guru yang bertugas sebagai konselor bisa lebih optimal sebagai upaya membantu anak-anak agar lebih mengenal dirinya sendiri.

"Peran konselor tidak bisa dilepaskan dari instrumen di sekolah, instrumental antarsiswa, agar mereka bisa aktif mengembangkan dirinya sesuai dengan kemampuan secara optimal," kata Muhadjir.

Muhadjir mengingatkan tentang prinsip dari konseling, yang memberikan keleluasaan seluasnya agar siswa berperan aktif, bisa mengembangkan dirinya sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa tersebut. Guru yang bertugas sebagai konselor bukanlah orang yang bisa membentuk anak, tapi memberikan kesempatan anak untuk dirinya sendiri.

Perubahan zaman ternyata juga mempengaruhi psikologis anak didik, sehingga guru harus berperan lebih optimal, sesuai dengan peribahasa pendidikan, "Ing ngarso sung tuladha" yang artinya di depan memberi contoh.

Mendikbud juga menegaskan, pada 2017 ini, kementerian akan mengubah strategi pengembangan guru. Konselor tidak lagi terpusat, melainkan akan desentralisasi melalui asosiasi, baik untuk MGMP (musyawarah guru mata pelajaran), maupun KKG (kelompok kerja guru). ( sumber : Antara )

KEPALA DINAS PENDIDIKAN

Drs. H. Akhmad Suharto, M.Si
NIP. 196609101986091001

AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 4381 kali