LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
JAJAK PENDAPAT
    Bagaimana menurut anda tentang Kurikulum 2013 yang akan dicanangkan pada tahun ajaran mendatang?
    Sangat Bagus
    Bagus
    Biasa Saja
    Kurang Bagus
    Jelek

    HASIL POLLING
Rapat RAPBS BOSNAS SMP Swasta
Ditulis oleh : Sutikno - Bidang : Pendidikan Sekolah Menengah Pertama

06 Maret 2017 - 14:03:43 WIB

Rencana Pendapatan dan Belanja Sekolah atau RAPBS adalah pilar managemen sekolah dengan RAPBS inilah semua kegiatan sekolah direncanakan, tidak sekedar teknis pelaksanaan tetapi juga non teknis. dana yang didapatkan dari pemerintah melalui Bantuan Operasional Sekolah Nasional (BOSNAS), diatur sedemikian rupa sehingga penggunaannya jelas dan terbuka. Hal ini juga untuk membiasakan keterbukaan dalam sistem managemen.

Setiap kegiatan yang diselenggarakan sekolah sudah direncanakan dalam RAPBS karena terkait dengan pembiayaan kegiatan tersebut. Kita selalu membutuhkan pembiayaan, baik itu besar maupun kecil untuk itulah RAPBS disusun sekolah dan stakeholder terkait.

Dengan dukungan pendanaan yang sesuai kebutuhan, kemungkinan ketercapaian program sangat besar. Tetapi, jika program kegiatan tidak didukung pendanaan yang sesuai, tentunya program-program tersebut hanyalah isapan jempol semata. dan dalam RAPBS itulah setiap kegiatan sekolah direncanakan secara utuh. Strategi secara sederhana dapat didefinisikan sebagai keputusan atau tindakan yang berusaha untuk mencapai sasaran organisasi. Strategi itu sendiri dipengaruhi oleh misi organisasi atau lembaga (sekolah) dan lingkungannya.

Dinas pendidikan melalui Bidang SMP melakukan rapat penyusunan RAPBS dengan Sekolah jenjang SMP swasta yang dilaksanakan pada tanggal 28 Pebruari 2017 bertempat di AUTIS Center. Rapat yang dipimpin langsung Kasi. Kurikulum SMP Bapak Saparudin,SH.,M.Pd menyampaikan dalam penyusunan RAPBS terdapat 3 komponen belanja yang harus dipenuhi yaitu Belanja Pegawai, Belanja Barang/Jasa, dan Belanja Modal. Dalam pertemuan tersebut dihimbau untuk menggunakan Standart Harga Kota Bontang Tahun 2017 sehingga mengurangi perbedaan harga yang terlampau jauh.

Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk mengantisipasi ketidak adanya anggaran pada Dinas Pendidikan terkait pengadaan barang/jasa yang berkaitan dengan ujian nasional (UN) dan lainnya pihak sekolah diminta memasukan pada Komponen Belanja di BOSNAS. Harapan dari kegiatan ini agar sekolah mampu merencanakan anggaran kegiatan sekolah dengan efektif dan efesien.

KEPALA DINAS PENDIDIKAN

Drs. H. Akhmad Suharto, M.Si
NIP. 196609101986091001

AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 4373 kali